Tuesday, February 5, 2008
Posted By Imhink_Spyder at 6:56 PM

Neh ada artikel tentang para bloger se-Antero Dunia....Lumayan buat di baca artikel ini di tulis Oleh R Adhi Kusumaputra seorang Jurnalis Kompas Indonesia, artikelnya neh emang punya analisa yang tinggi tentang Para Blogger di Indonesia, tulisannya :
Blog kini menjadi salah satu kosakata baru yang banyak diucapkan penduduk di dunia, terutama di negara yang infrastruktur internetnya sudah baik. Blog tiba-tiba menjadi kata ajaib yang membuat dunia semakin tanpa batas, tanpa sekat. Seseorang yang bukan siapa-siapa dapat dikenal luas di seantero bumi ini berkat tulisan di-blog-nya.
Jumlah pemilik blog setiap hari terus bertambah. Pada Maret 2005 tercatat 7,8 juta blogger. Jumlah ini menjadi 14,7 juta pada Agustus 2005. Menurut BBC, setiap satu detik lahir satu blog baru. Diperkirakan jumlah blog saat ini sekitar 88 juta.
Jumlah ini menunjukkan betapa era digital, era internet, sudah di depan mata.
Blog adalah salah satu dampak dari pesatnya perkembangan internet, termasuk di Indonesia.
Nge-blog atau blogging sudah menjadi "santapan" sehari-hari, sudah menjadi kebutuhan dan bagian kehidupan sehari-hari. Selebriti seperti Maylaffayza, misalnya, mengaku sudah kecanduan nge-blog. Bangun pagi, Maylaf, nama panggilannya, sudah mengecek komentar yang dikirim ke blog-nya. Saat menjelang tidur, Maylaf masih berada di depan komputernya untuk mengisi blog-nya. "Saya sudah addict’ nge-blog. Minimal tiga jam sehari," kata pemain biola Indonesia itu.
Maylaffayza tentu bukan satu-satunya orang yang merasakan blog sebagai "candu". Jika sehari tidak nge-blog, ada sesuatu yang hilang. Nge-blog atau blogging kini menjadi salah satu bagian kehidupan sehari-hari. Bukan hanya di Indonesia, tetapi di berbagai negara di dunia. Technorati, mesin pencari blog, memperkirakan jumlah blog di seluruh dunia saat ini lebih dari 88 juta.
Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh melihat perkembangan dunia blog di Indonesia sangat pesat. Jumlah blogger di seluruh Indonesia saat ini 130.000-an. Tahun 2008, Nuh berharap jumlahnya menjadi satu juta.
Mengapa harus nge-blog? Wimar Witoelar mengatakan, mereka yang nge-blog adalah orang-orang yang berani bersikap. "Mereka menulis perasaan, pandangan, dan sikap di blog mereka dengan jujur," kata Wimar. Sistem politik Indonesia selama bertahun-tahun melarang rakyat bersikap jujur. Namun, dengan blog, orang Indonesia diajak belajar jujur mengungkapkan pendapat.
Dari 130.000 blog yang dibuat orang Indonesia saat ini, isinya memang masih beragam. Dari mulai catatan harian online yang mengungkapkan kisah cinta sampai pada kolom opini tentang berbagai hal. Bahkan, beberapa blogger memanfaatkan blog sebagai peluang bisnis online.
Sebuah ajang "kopi darat" blogger seluruh Indonesia yang dinamakan "Pesta Blogger 2007" digelar di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (27/10). Di bioskop itu hadir sekitar 500 blogger dari berbagai komunitas dan kota di Indonesia.
Antusiasme blogger sangat luar biasa. Bayangkan, blogger dari Palu, Sulawesi Tengah, seperti Ruslan Sangaji dan Andi Miswar, sengaja datang ke Jakarta hanya untuk menghadiri Pesta Blogger. Saking nekatnya demi menghadiri acara "kopi darat" ini, Ruslan dan Andi kehabisan uang untuk kembali ke Palu karena harga tiket Makassar-Jakarta melonjak dan mereka kurang memperhitungkan ini. Namun, kesulitan mereka akhirnya teratasi setelah ada yang membantu membelikan tiket pulang.
Akan tetapi, cerita ini menarik. Sama menariknya ketika ada blogger Indonesia yang datang dari Singapura dan Malaysia hanya untuk menghadiri "kopi darat" pertama dan terbesar di Indonesia. Panitia acara mengaku terpaksa menutup pendaftaran karena kapasitas tempat tak cukup lagi.
Hubungan unik
Hubungan antar-blogger juga unik. Enda Nasution, blogger senior, misalnya, menceritakan, ketika dia bertemu dengan Budi Putra, blogger senior lainnya, dia merasa hubungan mereka sudah sangat dekat. Masing-masing sudah saling mengenal karena keduanya sudah membaca isi blog. Pembicaraan pun lebih akrab. Keunikan pertemanan ala blogger ini tidak dimiliki komunitas lainnya.
Siapa saja yang nge-blog? Di Indonesia, mereka yang nge-blog mulai dari pelajar SMP, mahasiswa, pekerja, kaum profesional, selebriti, sampai CEO dan menteri. Blog anak SMP bercerita seputar kegiatan ekstrakurikuler OSIS, misalnya. Blog mahasiswa bercerita seputar aktivitas kemahasiswaan sampai kisah cinta. Blog profesional bisa macam-macam, bergantung pada latar belakang mereka dan minat masing-masing. Umumnya, isinya beragam. "Pembaca blog-ku lebih suka aku menulis aktivitas keseharian dengan bahasa sehari-hari," kata Fany Ariasari, penulis buku Pernak-pernik Blog.
Presiden Direktur PT IBM Indonesia Betti Alisjahbana, misalnya, menggunakan blog sebagai alat kampanyenya meraih posisi Ketua Umum Ikatan Alumni ITB. Irfan Setiaputra, Managing Director PT Cisco Indonesia, mengisi blog-nya dengan pandangan dan pendapatnya tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuannya, seperti soal teknologi internet.
Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono mengisi blog-nya dalam bahasa Inggris.
Yang menarik, Juwono adalah menteri yang memiliki blog pribadi. Blog ini memuat opini, minat, pandangan, dan aktivitasnya. Dia mencoba menulis dalam bahasa Indonesia. Namun, untuk mencapai pembaca yang lebih luas, dia menulis dalam bahasa Inggris. Meskipun dikelola oleh anak lelakinya, tetapi blog ini memuat "wajah" Juwono Sudarsono. Blog ini dibagi dalam lima kategori, yaitu masalah-masalah defence, development, family, international, dan nation.
Kebebasan blogger Indonesia dijamin oleh Menkominfo Mohammad Nuh. Ini artinya nasib blogger Indonesia akan lebih baik dibandingkan dengan blogger di Mesir dan China, misalnya. Blogger di Mesir dan China masuk penjara karena tulisan-tulisan kritis dan pedas. Nuh berharap tulisan blogger Indonesia memberi pencerahan dan edukatif, membangkitkan rasa nasionalisme.
Blog memang bisa disebut catatan harian online, media tempat aktivitas si pemilik blog terekam di sini. Akan tetapi, blog juga dapat mencerminkan wajah dan kepribadian pemilik blog sesungguhnya. Di masa depan, seperti kata blogger Budi Putra, sebuah blog ditentukan oleh content, oleh isinya.
Gimana dengan artikelnya...muantap khan....bravo to Pak Adhi...thank's ya atas tutor tuk ngajarin cara nulis yang baik...emang butuh waktu & pengalaman tuk nulis cerita atau artikel ya....he..he.....
My Profile
Medan - Jakarta - Bandung - Raha- Kendari
  • imhink_bandung

 

Random Quote
reCeNt CoMMeNt